Friday 29 April 2016

Mengatasi Masalah Postgresql tidak Bisa Start


Assalamu'alaikum..
Bertemu lagi dengan saya hehe :D ..

Disini saya ingin membagikan sedikit pengalaman unik haha :D ..
Yup, sesuai judul kita pada postingan ini,, yaitu "Mengatasi Masalah Postgresql tidak mau Start".

Awalnya saya juga bingung knapa bisa seperti ini.. saya juga kurang tau knapa permasalahan ini bisa terjadi, sebelumnya sih postgresql normal, tapi setelah saya install mysql dan phpmyadmin (buat localhost wordpress).

Yaa.. kemungkinan karena sama-sama database mysql dan postgresql, kemungkinan bentrok kali yaaa hehe.. saya juga kurang tau lebih dalamnya.. (nanti saya akan cari tau)..

OK.. Permasalahan postgresql ini muncul pada saat kita ingin menjalankan postgresql tersebut..

/etc/init.d/postgresql start

error yang muncul pada pengalaman saya, yaitu seperti berikut

* Restarting PostgreSQL 9.3 database server
* The PostgreSQL server failed to start. Please check the log output:
2016-04-28 16:51:29 UTC FATAL:  data directory "/var/lib/postgresql/9.3/main" has group or world access
2016-04-28 16:51:29 UTC DETAIL:  Permissions should be u=rwx (0700).
                                                                         [fail]

Nah dari pesan error tersebut, saya mengambil kesimpulan, yaitu "direktori /var/lib/postgresql/9.3/main/ itu harus memiliki permission 0700 agar tidak dapat diaccess orang luar"

dan ada tulisan [fail] berarti menandakan postgresql tidak bisa jalan alias postgresql gagal start..

Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini ??

Yang harus kita lakuin hanya mengubah permission direktori /var/lib/postgresql/9.3/main/ dengan 0700 yang sebelumnya 0755, berikut perintahnya

chmod 0700 /var/lib/postgresql/9.3/main/

dan start kembali postgresqlnya

/etc/init.d/postgresql start

Dan #BOOM berhasil sudah kita menangani permasalan ini...

YAA sangat simple bukan ??..
OK tetep pantengin nih blog, and SEE YOU NEXT TIME


Wassalamu'alaikum ..




No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejak, dengan Meninggalkan Komentar
Komentar yang baik, akan di tanggapi dengan baik pula,
Berkomentarlah dengan kalimat yang sopan

Social Media

Newbie Blogger
Copyright © 2016 Fajar Amanullah Zaky | Powered By BLOGGER