Sunday 10 April 2016

Mengatasi "ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock' (2)"

Assalamu'alaikum.. disini saya akan memberikan sedikit pengalaman yang telah saya alami :D .. hehe.. namanya juga pengalaman, ya berarti yang pernah dialami :v ..

OK, kita akan membahas cara mengatasi error yang muncul pada saat kita ingin menggunakan mysql.. berikut pesan error yang muncul :
ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock'(2) ..

Saya pertamanya kaget kok bisa muncul begitu :o .. padahal saya jarang menggunakan mysql, dan tiba-tiba muncul error seperti itu..

Saya juga kurang tau kenapa bisa seperti itu :D ..
tapi setelah saya mengulik lebih dalam dan dari beberapa referensi, saya simpulkan tata cara menyelesaikan error tersebut, mari kita simak.. ^_^

Kita lihat errornya terlebih dahulu..
ERROR 2002 (HY000): Can't connect to local MySQL server through socket '/var/run/mysqld/mysqld.sock'(2)

Nah ternyata file mysqld.sock itu tidak ada karena telah saya cek di direktori /var/run/mysqld/ ..
setelah saya mencari dari berbagai referensi, akhirnya saya menemukan caranya, yaitu dengan membuat file mysqld.sock di direktori /var/run/mysqld/ dan di ubah pemilik (owner) dan groupnya, berikut commandnya :

touch /var/run/mysqld/mysqld.sock
chown -R mysql /var/run/mysqld/

Kemudian kalian restart mysqlnya dengan perintah berikut :

/etc/init.d/mysql restart

Nah saat saya merestart mysqlnya, ternyata ada problem lagi, yaitu mysql tidak mau di start.. :( ..
dan saya kaget lagi :v .. (pengalaman yang menyedihkan) .. OK fokus.. :v ..

Ntah kenapa mysql ku tidak bisa di start, dan saya mencoba untuk menguliknya (searching.. haha)..
berikut penyelesaiannya :

service mysql stop
rm /var/lib/mysql/ib_logfile0
rm /var/lib/mysql/ib_logfile1
service mysql start

OK dan akhirnya mysql saya bisa, dan sudah tidak error lagi..  yeay ^_^ ..
sekian dari saya wassalam .. :) :D ..




8 comments:

  1. Makasih mas, ini yang aku alamai ahaha..

    ReplyDelete
  2. apakah file database ikut hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak gan, karna yg dihapus lognya saja
      sorry baru bisa bales, baru on lagi bloggernya

      Delete
  3. apakah file database ikut hilang?

    ReplyDelete
  4. cara yang terakhir isa gan tapi kok pas di tinggalkan sekitar 10 menit tiba tiba ngulang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. karna ini pengalaman saya saat jarang menggunakan mysql, dan tiba2 seperti itu, jadi saya kurang paham betul detailnya gan

      Delete
  5. berfungsi mantap, sudah seminggu ssaya cari problem ini thanks

    ReplyDelete
  6. Cara perbaikannya di cmd apa dimana bang?

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejak, dengan Meninggalkan Komentar
Komentar yang baik, akan di tanggapi dengan baik pula,
Berkomentarlah dengan kalimat yang sopan

Social Media

Newbie Blogger
Copyright © 2016 Fajar Amanullah Zaky | Powered By BLOGGER